Saturday 23 November 2013

Betsy Sloan


Timothy Butler, seorang psikolog dan pembimbing karier dari Harvard Bussiness School, dalam bukunya Getting Unstuck, memulai bukunya dengan kisah seorang akuntan publik sukses bernama Betsy Sloan. Dalam cerita itu, Betsy Sloan merasa tidak bahagia dengan jabatannya yang sekarang. Keinginan dia sebenarnya adalah menjadi seorang guru. Singkat cerita, dia benar-benar menjadi guru dan menerima gaji sebesar $ 34.000, jauh dari sebelumnya sebagai akuntan publik yang gajinya mencapai $ 106.000/tahun! Betsy Sloan menemukan kebahagiannya.


Dengan kisah itu, Timothy Butler ingin menegaskan bahwa kebahagiaan seseorang tidak datang hanya ketika memiliki materi yang cukup. Beda kepala, berbeda juga persepsinya tentang kebahagiaan. Di antara pembaca, mungkin ada yang bisa berbahagia hanya dengan menikmati secangkir kopi di pagi hari. Berbahagia jika bisa mendaki puncak gunung. Berbahagia hanya dengan melihat anak-anaknya sehat.


Bahkan, ada saja yang –menurut pengakuannya– berbahagia karena orang yang dia cintai hidup bahagia dengan orang lain. Untuk yang terakhir ini, apakah pembaca termasuk di dalamnya? Jika iya, pikirkanlah kembali pilihan anda.

No comments:

Post a Comment