Tuesday 22 December 2015

Pengalaman Kursus di LBI UI: Pendaftaran dan Placement Test



Bulan lalu, sebelum wisuda, saya memutuskan untuk ikut kursus bahasa inggris di Lembaga Bahasa Internasional Universitas Indonesia (LBI UI). Saya merasa kemampuan berbahasa inggris saya begini-begini saja, tak ada peningkatan. Saya adalah tipe orang yang kurang cakap belajar sendirian. Perlu pembimbing untuk meningkatkan kemampuan. Setelah lulus kuliah, saya merasa tidak memiliki kemampuan teknis dalam bidang apapun. Jadi saya berpikir, mengasah kemampuan bahasa inggris akan sangat bermanfaat secara teknis buat saya ke depannya.

Menurut Menteri Pendidikan kita, Bapak Anies Baswedan, kita adalah warga dunia (world citizen) dan bahasa inggris adalah bahasa internasional. Untuk bisa bergaul di dunia internasional, maka penguasaan bahasa inggris menjadi penting. Sebentar lagi juga Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan diberlakukan. Urgensi belajar bahasa inggris saya kira penting, untuk menghadapi dunia yang semakin menyempit ini. 

Ada beberapa alasan kenapa saya pilih LBI UI. Pertama, nama UI sudah tidak diragukan lagi sebagai salah satu Universitas terbaik di Indonesia. Tidak kuliah di UI, minimal ‘kuliah’ di lembaga bahasanya sajalah, hehe... Kedua, beberapa sumber bilang bahwa metodenya bagus. Kita lihat saja nanti setelah kelas dimulai. Kebetulan senior saya juga ada yang pernah belajar di LBI UI, sebelum dia memperoleh beasiswa di Amerika Serikat.
Ketiga, LBI UI berada di lingkungan universitas. Kemungkinan pesertanya mayoritas akan diisi oleh mahasiswa seusia saya. Kalau saya ambil kelas di English First, atau LIA, atau lembaga sejenis, saya khawatir bergabung dengan anak-anak SMA, atau yang jauh lebih tua dari saya, sehingga menyebabkan kekurangnyamanan dalam proses belajar. Ini mungkin hanya kira-kira saja, tapi teman saya yang belajar di EF membenarkan hal ini. Nanti setelah proses belajar dimulai, akans aya ceritakan lagi soal ini.

Saya mencari tahu informasi tentang LBI UI di internet, sebelum memastikan untuk mendaftar kesana. Setelah informasi dirasa cukup, saya berangkat untuk mendaftar tanggal 3 Desember 2015. LBI UI berada di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia. Ketika saya datang kesana, banyak orang Korea. Saya kira mereka ambil kelas bahasa indonesia. Saat ini banyak sekali perusahaan Korea bertebaran di Indonesia.  

Saat pertama kali daftar, kita hanya perlu membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 75.000. Biaya kursus dibayar setelah kita ikut placement test. Kita akan diberi kwitansi yang berisi informasi jadwal tes tulis dan lisan (placement test), juga ada informasi pilihan kelas yang kita ambil (saya ambil kelas conversation). Jenis kursusnya banyak, ada English Conversation, General English, Bussiness English, Academc Writing, dan lain-lain. Menarik sekali kalau bisa belajar semuanya. Placement test dilaksanakan tanggal 21 Desember 2015, pukul 15.00 WIB.
 
kwitansi
Alhamdulillah saya telah ikut placement test. Ada 100 soal untuk tes tulis. Dikerjakan dalam waktu satu jam. Materinya kebanyakan soal grammar . Kalau ada reading, repot sekali jika hanya diberi waktu satu jam. Soalnya lumayan mudah menurut saya, sebab menjawab soal grammar tidak perlu tahu artinya, asal kita tahu formulanya. Hanya soal-soal yang perlu pemahaman kosa kata yang  saya ragu, sebab banyak kosa kata yang saya tidak tahu artinya. Itulah kenapa saya ambil kelas conversation.

Untuk latihan soal placement test, kalian bisa cari di google dengan kata kunci “placement test online”. Jenis soal hampir sama dengan soal yang bertebaran di internet. Bahkan beberapa ada yang sama persis. Makanya latihan ini penting. 
 
soal dan lembar jawaban
Setelah selesai tes tulis, dilanjut dengan tes lisan. Wawancara biasa saja isinya. Pewawancara, seorang dosen perempuan berusia sekitar 40 tahun saya kira, menanyakan beberapa hal sederhana. Pertanyaan menyangkut aktivitas kita, tinggal di mana, tujuan kursus dan lain-lain. Obrolan (lebih cocok disebut ngobrol daripada wawancara) berlangsung santai. Sepanjang pengalaman saya, guru bahasa inggris perempuan itu selalu menyenangkan. Saya jadi teringat guru-guru bahasa inggris saya yang dulu-dulu.

Hasil tes langsung diberi tahu saat itu juga. Saya ditempatkan di level 2 dari total 4 level. Lumayan, sesuai target. Kelas dimulai tanggal 16 Januari 2015, setiap sabtu pukul 08.30 – 13.00. saya pilih belajar sehari dalam sepekan, karena irit ongkos. Ada juga pilihan belajar dua kali dalam sepekan, masing-masing pertemuan selama dua jam.

Untuk pengalaman belajar di sana, nanti saya share lagi, tentu saja setelah kelas dimulai.



56 comments:

  1. Hai kak, aku mau tanya, gimana kursus di kelas coversation di LBI UI, apakah disana grammar juga diperhatikan ketika dikelas dan saat berbicara?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo herra, maaf ya baru sempet bales :)
      Niatnya mau nulis soal pengalaman kursusnya, tapi belum sempet. ini baru pengalaman pra kursusnya, hehe...
      Di kelas conversation ini kita dilatih banyak praktik ngobrol. Tentu saja grammar diperhatikan, walaupun ketika praktik conversation kita dibebaskan untuk mengungkapkan pendapat. Biasanya setelah praktik, pembimbing akan meluruskan bagian mana yang mesti diperbaiki. Mana cara-cara menyampaikan dengan sopan daj mana yang tidak, dan seterusnya.

      Delete
  2. Hallo kak...
    Kalo utk toefl preparation course, placement testnya ada yg lisan juga?

    ReplyDelete
  3. Hallo kak...
    Kalo utk toefl preparation course, placement testnya ada yg lisan juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo dian...
      Maaf aku kurang tau kalo untuk toefl preparation. Just try! Hehe

      Delete
    2. Bantu jawab yha,.kebetulan kmrn habis ikut utk ambil kelas toefl preparation. Kalau untuk toefl preparation, awalnya cuma tes tulis aja kok, simulasi toefl gtu soal2nya. Interview cuma dilakukan saat nilai kamu kurang atau blm memenuhi standar utk masuk di level dasar (range level dasar: 400-450).

      Delete
    3. Bantu jawab yha,.kebetulan kmrn habis ikut utk ambil kelas toefl preparation. Kalau untuk toefl preparation, awalnya cuma tes tulis aja kok, simulasi toefl gtu soal2nya. Interview cuma dilakukan saat nilai kamu kurang atau blm memenuhi standar utk masuk di level dasar (range level dasar: 400-450).

      Delete
    4. Hallo Amalita...
      Gimana hasil kelas toefl prep-nya? Sayangnya karena kesibukan, saya ga sampe selesai, hanya ikut sampe mid test :/

      Delete
  4. Mau tanya, gimana hasil kursusnya? Ada perubahan tidak? Rencana mau ambil conversation juga,tp ga ada referensi kursus di ui.bisa berbagi pengalaman? Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau perubahan, ada walaupun sedikit mba, paling tidak dari sisi teori kita tambah wawasanlah :)
      Tapi kalau untuk peningkatan kemampuan conversation, saya sarankan ambil kelas intensif mba yang frekuensi waktunya sering. Misalnya di ENTER, temen saya ambil kelas intensif, masuknya setiap hari selama sebulan (kalau gak salah kelasnya jam 7 malam). Saya merasa kalo di UI, hanya ada sedikit peningkatan kemampuan conversation, karena saya hanya ambil kelas sabtu, mungkin karena kurang practice ya (ini kasus saya ya, mungkin yang lain ada yang peningkatannya pesat, hehe...)
      Intensitas pertemuan juga memengaruhi kecepatan perkembangan kemampuan kita mba, kalo menurut saya.

      Delete
    2. selain enter, dmn lagi ya tempat belajar intensif bhs inngris di jkt?

      Delete
  5. Halo kaaak. Mau nanya, kalo untuk oral test waktu placement itu pake bahasa Inggris juga yha? *selalu deg2an soalnya untuk ngomong bahasa Inggris* wkwk. Oya, bedany sama kelas grammar for writing apa ya kira2? Aku rencananya mau ambil grammar for writing soalnya :"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo...
      Kalo kamu ambil kelas bahasa jerman, kayanya oral test-nya bahasa jerman deh, haha... iya pake bahasa inggris, kan buat nguji kemampuan kita, di tingkatan mana cocoknya :)
      Mungkin kalau grammar for writing akan membuatmu pandai menulis sesuai aturan baku bahasa inggris ya. Cocok untuk tujuan akademik (selain tentunya ada kelas academic writing untuk penulisan akademik). Aku sarankan kalau kamu mau kursus di UI, lebih baik ambil grammar for writing aja.

      Delete
  6. Sharing pengalaman yang menarik. Dapat memotivasi kita untuk meningkatkan kemampuan menguasai bahasa Inggris dan materi TOEFL Sangat disayangkan jika dilewatkan untuk belajar menguasai materi TOEFL.

    ReplyDelete
  7. Halo kak aku mau nanya, kalo yang English for academic purpose itu bedanya apa ya sama academic writting? Rencananya mau ambil itu apakah itu cocok untuk persiapan perkuliahan international gitu? Ohh iya kalo wawancara durasinya berapa lama ya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo untuk mba yang tujuannya untuk perkuliahan internasional, sepertinya academic purpose lebih cocok mba.. kali english for academic writing kan hanya tentang mengolah kemampuan menulis saja. semoga membantu mba :)

      Delete
  8. Halo ka muflih, apakah bukan mahasiswa diperbolehkan kursus di LBI ?
    Berapa lama durasi wawancara & biasanya pertanyaan apa saja yg ditanyakan saat tes ? 😂 Terimakasih ka 🙏 tolong dijawab ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai maimunah..
      Maaf ya jawabnya telat banget banget banget :))
      Wawancaranya paling 15 menit. Pertanyaannya seputar latar belakang kita aja. Saya juga udah bukan mahasiswa kok waktu kursus disana, hehe

      Delete
  9. halo kak, saya minta sarannya dong. saya mau daftar di lbi ui jg. tapi bingung saya mau pilih general english/coversation. saya mhs smstr 4. kira2 lebih manfaat yg mana yaa? thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry ya yulintin, telat bangeeeeet aku jawabnya :))
      Bergantung tujuannya ya.. tapi menurut saya kalo kursus di Ui dengan waktu yang cuma 2x sepekan (atau malah sepekan sekali) lebih baik general english. Kalo buat conversation lebih baik cari yang belajarnya intensif (minimal sepekan 3x lah) sebab conversation mesti banya latihan. Semoga bermanfaat ya...

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Hallo muflih
    Saya mau nanya dong,
    Kemampuan bahasa inggris saya bisa dibilang pasif,
    Saya mau ikut tes toefel. Kalo menurut kamu sebaik nya saya ikut persiapan toefel atau bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk toefl PBT (Paper Based Test) ga ada sesi speaking mba. Tapi sekarang banyak beasiswa yang mensyaratkan sertifikat TOEFL IBT (Internet Based Test). Nah di IBT itu ada sesi speakingnya. Jadi tetap saja kita harus belajar berbahasa inggris aktif, hehe
      Di lembaga2 kursus tertentu, biasanya mereka punya standar sendiri2, apakah kita bisa ikut toefl preparation mereka atau engga. Semoga membantu ya mba asri :)

      Delete
    2. Menurut saya sih ikut preparation dulu, nanti banyak dikasih trik2 mengisi soal2 toefl yang akan banyak membantu mba dapet skor tinggi

      Delete
  13. Hallo Muflih,

    Boleh info kisaran biaya kursus di LBI UI dan sistem pembayarannya (bisa dicicil atau ngga) ?
    need info as soon as possible soalnya, thankyou :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo melsa
      Kalo kelas conversation waktu itu Rp 1.150.000,- (mungkin sekarang sama aja).
      Kisarannya memang 1-2jtan, bergantung kelas yang diambil. Untuk lebih jelasnya, silahkan cek website LBI UI, disitu lengkap kok infonya. Semoga membantu :)

      Delete
    2. Oh ya satu lagi, kalo ga salah ga bisa dicicil deh, hehe

      Delete
  14. Mau nanya kalo, mas ambilnya program apa ya?? Generali English dan English Conversation bagusan mana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai santa...
      Kalo saya ambil conversation
      Emm ga tau ya bagusan mana. Kalau mau hanya fokus bisa ngomong, ya kelas conversation cocok. Tapi saya sarankan kalau mau belajar conversation, lebih baik ambil kelas yang belajarnya setiap hari seperti tempat2 kursus di Pare (Kediri), sebab conversation itu harus dibiasakan. Kalau hanya sepekan sekali atau dua kali lama bisanya, hehe

      Delete
  15. ka mau tanya, program general itu diajarkan semua2nya ya? (maksudnya, writing speaking grammar?)

    trus mengenai biayanya di web saya baca "GE 1 – 4 : Rp 1.000.000,- per tingkat", itu maksudnya per level 1,level 2,dst atau untuk GE level 1-4 biayanya 1jt ya?
    mohon infonya ya ka..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo azkia...
      Iya kalo general diajarin secara umum. Biaya 1jt itu per level ya. Artinya kalo kamu mau nerusin ke level selanjutnya, kamu bayar lagi 1jt, hehe

      Delete
    2. Halo kak, kalau per level itu berapa lama ya?

      Delete
    3. hai Lydia... wah aku baru baca pertanyaannya, maaf :D
      per level itu 3 bulan.

      Delete
  16. Hai aku mau nanya, di sana bisa kursus bahasa indonesia gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry for late late comment :D
      Bisa kalo ga salah, terutama untuk warga asing

      Delete
  17. Haloo kak aku mau tanya, di lbi fib ui yg kelas Inggris ini ada gak pesertanya yg kelas 10 atau 11 sma? Karena aku siswi sma kelas 10 semester 1 (baru masuk sma) pengen les disini tapi takut gak ada teman sebaya. Mihon bantuannya ya kak, terima kasih sebelumnya 🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Cahya...
      waduh udah lama banget ya komennya, maaf baru kebuka yah:)
      di kelas saya ada anak SMA. Kalo kamu punya temen yang bisa diajak kursus bareng, boleh dicoba. Atau jangan-jangan kamu sudah ikut kursus ya? hehe

      Delete
  18. Hallo kak.
    Rencananya besok saya mau daftar kursus di LBI UI ini dengan mengambil English Conversation.
    Bahasa inggrisku yg terasa pasif, aku sering banget takut salah saat nyoba ngomong pake bahasa inggris, bahkan masih banyak kosakata yg belum hafal.
    Nah, yang aku mau tanyakan, kursus di LBI ini sangat efektif kah untuk tipe ku yg masih takut buat bicara?
    Kalau boleh kasih tau, apa saja yg ditanyakan pada saat tes lisan?
    Terimakasih sebelumnya, kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Desty...
      untuk conversation, kuncinya PEDE aja ya. Logikanya, anak kecil di Inggris gak belajar grammar tapi bisa kok bahasa Inggris, karena mereka gak takut salah, hehehe...
      Saat tes lisan, seperti wawancara biasa: menanyakan identitas, aktivitas sehari-hari atau pekerjaan, hal-hal ringan saja. Tapi berbahasa inggris ya. Di sinilah poin menentukan di level mana kita ditempatkan nantinya. Dulu saya langsung masuk level 2.
      BTW, Good luck ya untuk kursusnya :)

      Delete
  19. Alhamdulillah aku udah daftar, dan jadinya ngambil business english.
    Mau tanya lagi ni kak.
    Waktu sebelum tes kakak belajar dulu gak?
    Soalnya besok aku tes nih, tapi bingung mau belajar apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry for very very late comment. I rarely check my blog :D

      Gimana desty progres kursusnya?

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Ka, mau tanya

    Biasanya 1 level itu makan waktu berapa lama belajarnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai... Biasanya 1 level waktunya sekitar 3 bulan:)

      Delete
  22. bro...mau tanya dong....klo kelas ielts diajarin semua berarti ??? bedanya ama program lain apa dong ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya saya gak tau sih detail soal kelas IELTS.
      Kalo ikut kelas IELTS atau TOEFL, biasanya ada standar tertentu, jadi kita gak bisa daftar langsung diterima gitu aja, hehehe
      Yang diajarin semua dari dasar itu general english

      Delete
  23. kak enakan di salemba atau depok tempatnya? aku join business class nih tapi tahap 1....sedih hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Aku cuma ikut di depok, gak pernah ke salemba.
      Kenapa harus sedih? Hehege

      Delete
  24. kakk di lbi lebih difokuskan aksen amerika ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Alzara...
      Kayanya iya deh. Kebanyakan kursusan, atau bahkan di sekolah2, sepertinya lebih ke aksen amrik.

      Delete
    2. Hallo ka, menurut saya lbi memberitahukan keduanya aksen british dan US tetapi lebih ke bristih sih

      Delete
    3. Hai.. so now you can speak english fluently both in american english and british english, right? Hehehe

      Delete
  25. Ada sertifikat atau ijazah gitu gak setelah kursus disana?

    ReplyDelete