Friday 20 July 2018

Mencari Jarum

Di dalam sebuah kamar, ada sebuah jarum. Kamu diminta untuk mencarinya. Pasti ketemu tuh, karena emang niatnya nyari jarum. Kita pasti gak peduli di dalam kamar itu ada kasur, bantal, guling, lemari, dan lain-lain, wong yang dicari itu jarum.



Sebaliknya, jika kamu berniat cari lemari atau bantal, ya ketemu lemari sama bantal. Gak perlu dicari pasti keliatan, kan gak sekecil jarum. Kalopun kamu nemu jarum pas mau ambil bantal, pasti kamu amankan jarumnya supaya gak ada yang tertusuk.

Begitupun dengan menilai seseorang. Kalo kamu emang niatnya cari keburukan, sekecil apapun pasti ketemu itu celahnya. Tapi kalo niatnya selalu melihat kebaikan, ya setiap orang punya banyak kebaikan. Jika pun ada kekurangan, kita kasih masukan.

Dalam bahasa Alqur'an, mencari-cari kejelekan atau kesalahan orang disebut "tajassus". Itu perbuatan tercela, disejajarkan dengan ghibah atau gosip. Sedangkan gosip, diibaratkan makan bangke sodara sendiri. Allah tanya dan kasih jawaban sekaligus, "apa kamu seneng makan bangke sodaramu? Tentu kamu jijik."

No comments:

Post a Comment